MENJAGA NGUMBUL TIRTA UNTUK KEHIDUPAN

Eko Mrg 11 September 2024 09:26:03 WIB

Sumber Air Ngumbul Tirta adalah sebuah Sumber Air yang berada pada Kawasan Perhutani dan masuk pada HPD Besuki; sebuah Desa tetangga Desa Wonocoyo. Namun demikian, karena letaknya di lereng  Dukuh Tumpak wareng yang merupakan bagian dari dusun Bendogolor Desa Wonocoyo maka Sumber Air itu dimanfaatkan oleh warga Tumpakwareng untuk memenuhi kebutuhan akan sumber air bersih. Dan merupakan sumber air utama yang memenuhi kebutuhan 23 Kepala Keluarga itu.

 

Oleh karenanya, menjaga Sumber Air Ngumbul Tirta adalah sebuah keniscayaan bagi masyarakat Tumpak Wareng.  Sinergi Tiga Pilar menyadari betul akan situasi ini. Hampir setiap tahun pengadaan bibit tanaman lindung yang diharapkan mampu menambah area tutupan sumber yang bisa menjaga keberlangsungan sumber air senantiasa diprioritaskan. Penanaman dengan melibatkan berbagai pihak, tidak sekadar masyarakat Tumpak Wareng acapkali dilakukan. Pun giat perawatan. Sinergi Tiga Pilar secara utin mengajak masyarakat dan perangkat desa untuk melakukan perawatan tanaman. Karena giat merawat ini tentu lebih susah dilakukan jika dibandingkan dengan giat penanaman. Karena membutuhkan ketekunan yang terus menerus.

Mulai dari menyiangi semak sekitar pohon, memupuk juga pemberantasan hama. Memasang papan pengumuman tentang larangan merusak tanaman di area sumber air.

Alhasil, kini sumber air Ngumbul Tirta itu terjaga debet airnya meskipun kemarau panjang mendera. Masyakarat dukuh Tumpak Wareng dapat terpenuhi kebutuhan akan air bersih untuk konsumsi dan kebutuhan sehari-hari. Bak penampungan juga diupayakan agar semakin banyak air yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat.

Komentar atas MENJAGA NGUMBUL TIRTA UNTUK KEHIDUPAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar