MENJAGA PURBA TERSISA DARI ANCAMAN KEPUNAHAN

Eko Mrg 11 September 2024 09:29:48 WIB

Desa Peduli Lingkungan Laut. Begitulah bunyi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 14. Konservasi Penyu Taman Kili Kili Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo adalah bukti atensi Pemerintah Desa Wonocoyo turut menyelamatkan ekosistem laut. Menyadari betapa pentingnya eksistensi penyu sebagai penyeimbang ekosistem laut, sejak tahun 2011 yang lalu desa Wonocoyo menggagas dan membentuk  sebuah kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) Konservasi Penyu. Hal itu dilakukajn juga karena di Pantai Taman Kili Kili sejak dahulu digunakan oleh ppenyu untuk bertelur. Dan sejak itu pula penduduk sering melakukan penangkapan induk penyu dan perburuan telur penyu untuk dikonsumsi dan bahkan dijual.

Dengan adanya Pokmaswas kemudian juga disertai pengundangan Peraturan Desa Wonocoyo Nomor 3 Tahun 2014 tentang Konservasi Penyu, maka resmi Desa itu melakukan giat perlindungan terhadap Penyu dan Habitatnya.

Berbagai kegiatan dilakukan. Mulai dari menjaga Pantai dari sampah, dari giat yang bisa menggangu aktivitas peneluran penyu dan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat kenapa penyu mesti dilindungi dan dilestarikan.

Sinergitas Tiga Pilar Desa Wonocoyo tentu memiliki peranan yang sangat penting. Pendampingan kegiatan konservasi penyu selalu dilakukan. Mulai dari mendampingi kegiatan Pokmaswas agar berjalan dengan lancar dan aman, Tiga Pilar selalu mengawal. Giat patroli, giat penambahan vegetasi pantai untuk menjaga tempat peneluran penyu dari abrasi, mengamankan lokasi zona inti perlindungan dari giat masyarakat yang mengancam keberlangsungan konservasi senantiasa dilakukan bersama - sama pokmaswas, masyarakat dan Tiga Pilar.

Alhasil dari tahun pembentukannya, jumlah telur dan induk penyu yang diselamatkan Pokmaswas semakin bertambah. Tahun 2014 Pokmaswas Konservasi Penyu Desa Wonocoyo berhasil memenangi penilaian Pokmakwas Terbaik Propinsi Jawa timur berbasis masyarakat. Meraih konservasi terbaik di Trenggalek. Meraih Terbaik 1 Penilaian Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur Tahun 2022. Mengantarkan Dusun Bendogolor meraih predikat Proklim Lestari Nasional Tahun 2023. Juga menghantarkan Bupati Trenggalek mendapatkan anugerah dari Presiden Republik Indonesia Satya Lancana Wira Karya Bidang Kelautan.

Kini Konservasi Penyu Taman Kili Kili Desa Wonocoyo telah menjadi tidak hanya sekadar tujuan wisata berbasis ekologi dan edukasi tapi juga sebagai konservasi penyu yang dibanggakan di Jawa Timur.

Pokmaswas Konservasi Penyu Taman Kili Kali dan Sinergi Tiga Pilar telah bersahabat dengan semua pihak. Berhasil mengubah pola konsumtif masyarakat Dusun Bendogolor menjadi masyarakat yang menjaga dan melestarikan biota laut yang dilindungi oleh Pemerintah maupun dunia. Karena penyu adalah warisan dunia. Purba yang masih tersisa.

Komentar atas MENJAGA PURBA TERSISA DARI ANCAMAN KEPUNAHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar