AKSI MITIGASI TIGA PILAR DESA WONOCOYO “DILARANG MANDI DI LAUT”

Eko Mrg 11 September 2024 09:17:45 WIB

Secara geografis Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek berada di pesisir Pantai Selatan yakni Samudra Indonesia. Maka tak heran jika Desa itu memiliki banyak pantai; sebut saja Pantai Pelang dan Pantai Taman Kili Kili yang saat ini banyak dikenal masyarakat. Pantai Pelang merupakan Pantai Wisata. Sementara Taman Kili Kili adalah Pantai tempat Konservasi Penyu dilakukan oleh masyarakat Desa Wonocoyo melalui Kelompok Masyarakat Pengawas ( Pokmaswas) Konservasi Penyu Taman Kili Kili.

Sebagai tempat wisata massal (Mass Tourism) yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan eksotis; banyak wisatawan yang tidak hanya terpukau melihat pantainya yang bersih, perbukitan yang hijau dan atau sejuknya air terjun. Namun pantainya yang bersih dan ombaknya yang indah juga menarik wistawan  untuk mandi di laut. Begitu pun pengunjung di Pantai Taman Kili Kili. Meskipun pantai ini bukanlah mass tourism melainkan ecotourism; lebih menekankan pada kegiatan konservasi dan perlindungan habitat pantai, namun tak sedikit  pengunjung yang berniat ingin mandi di laut.

Padahal sebagai laut lepas di pantai selatan, selain ombaknya yang relatif besar dan kuat,  dasar lautnya pun banyak memiliki palung yang tentu saja membuat Pantai Pelang dan Taman Kili Kili tak aman digunakan untuk mandi.

Papan pengumuman Larangan Mandi di laut sudah banyak dipasang di sejumlah titik. Baik yang dipasang oleh BPPD Propinsi Jawa Timur, BPPD Kabupaten Trenggalek, Pengelola Wisata, Pemerintah Desa maupun Kelompok Masyarakat. Namun kadang juga masih ada yang tidak mengindahkan. Padahal tercatat ada sejumlah korban terseret ombak pantai dan meninggal dunia.

Itulah kenapa Sinergi Tiga Pilar Desa Wonocoyo, kerap melakukan giat berkunjung ke tempat wisata pantai untuk memberikan himbauan dan sosialisasi kepada wisatawan untuk tidak mandi di laut.

Sebagaimana yang dilakukan Tiga Pilar pada hari Sabtu, 17 Agustus yang lalu. Saat pengunjung banyak hadir di Konservasi Penyu Taman Kili Kili, Tiga Pilar hadir untuk menyapa dan bersosialisasi dengan pengunjung tentang Larangan Mandi di Laut. Beberapa pengunjung nampak termangut-mangut memahami apa yang disampikan Tiga Pilar. Ingat keluarga di rumah menunggu dengan rindu.

Komentar atas AKSI MITIGASI TIGA PILAR DESA WONOCOYO “DILARANG MANDI DI LAUT”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar