PELATIHAN EKOWISATA KEE JAWA TIMUR

Eko Mrg 02 Maret 2021 18:12:12 WIB

Sektor industri pariwisata telah menjadi salah satu tonggak perekonomian di indonesia di mana sektor pariwisata ini memiliki banyak potensi yang belum dikembangkan maksimal seluruhnya. Karenanya, pemerintah kini sedang gencar-gencarnya meningkatkan kualitas industri pariwisata di Indonesia, salah satunya yang berbasis wisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan konservasi; yang kemudian lebih dikenal sebagai Ekowisata.
Dalam rangka mendorong peningkatan kapasitas untuk kelompok masyarakat sekitar area KEE (Kawasan Ekosisten Esensial) untuk pengelolaan ekowisata ARuPA melalui dukungan USAID-BIJAK mengadakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Ekowisata di Wilayah KEE Jawa Timur yang berlangsung tanggal 24-26 Februari 2021 lalu di Hotel Bukit Jaas Permai Trenggalek, Jawa Timur. Dengan pengembangan yang baik, sektor wisata diharapkan dapat menjadi salah satu solusi peningkatan ekonomi masyarakat di area KEE.
Pada hari pertama para peserta pelatihan mendapatkan materi terkait dasar-dasar pariwisata yang meliputi pengembangan konsep ekowisata, perencanaan dalam pengembangan ekowisata dan tata kelola destinasi wisata. Pada hari kedua peserta bersama-sama melakukan kunjungan lapangan dan melakukan penilaian mandiri kemudian diskusi kelompok. Setelahnya peserta mendapatkan materi dan diskusi lapangan terkait dengan prinsip pengembangan produk ekowisata dan elemen dari produk-produk ekowisata.
Setelah melakukan kunjungan lapangan, pada hari ketiga peserta kembali mendapatkan materi pelatihan untuk pricing, branding dan marketing hingga pemahaman pasar ekowisata dan prospeknya.
Dalam Kegiatan Pelatihan Pengembangan Ekowisata di Wilayah KEE Jawa Timur tersebut  pihak penyelenggara yakni ARuPA melalui dukungan USAID-BIJAK menghadirkan EJEF (East Java Ecotourism Forum) sebagai narasumber. Hadir sebagai peserta pelatihan selain Pengelola KEE Pantai Taman Kili Kili Panggul Trenggalek adalah KEE Masakambing Kabupaten Sumenep, KEE Telung Pangpang Banyuwangi dan KEE Ujung Pangkah Gresik. 
Selamat datang industri Pariwisata! Ekosistem Lestari Kesejahteraan Masyarakat Meningkat. Semoga.

Komentar atas PELATIHAN EKOWISATA KEE JAWA TIMUR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar