JAGA KELESTARIAN SUMBER AIR : Rangkul LMDH dan ORMAS

Eko Mrg 25 Oktober 2020 20:35:11 WIB

Ancaman kekeringan terjadi di mana-mana. Begitupun tanah longsor, banjir dan punahnya sumber daya alam. Saat kemarau datang, kekeringan pun terjadi. Saat datang musim penghujan, banjir pun melanda. Kadang pula longsor pun terjadi. Mengapa demikian? Mungkinkah karena bumi ini usianya sudah tua; sehingga mengalami kemerosotan fungsi dan kemampuan? Atau mungkin karena takdir Tuhan memang demikian?

Tidak! Karena ini ulah kita yang kurang baik menjadi sahabat baiknya bumi. Sebagai bagian dari “penghuni” Bumi, harusnya kita menyadari bahwa hubungan pertemanan kita dengan Bumi tidaklah menguntungkan bagi Bumi. Bukanlah hubungan yang masuk kategori Simbiosis Mutualisme. Hubungan yang saling menguntungkan. Tidak. Ternyata simbiosis kita dengan Bumi lebih mirip dengan Simbiosis Komensaisme, atau bahkan parasitisme.

Tanpa kita; manusia, ternyata Bumi tidak apa-apa. Dia akan tetap eksis tanpa campur tangan kita. Hutannya akan tetap menjadi hutan. Sungainya akan tetap menjadi sungai. Lautnya akan tetap menjadi laut. Dan yang lain. Bahkan kondisi dan kualitasnya mungkin akan jauh lebih baik.

Tapi kita? Bayangkan seandainya planet yang disebut BUMi ini tidak ada. Atau hancur. Kita akan hidup di mana? Ketika BUMi “memberontak” minta pertemanan atau simbiosis dengan kita  ini dihentikan; ia mogok mengeluarkan air, tanaman mogok mengeluarkan oksigen, laut mogok mengeluarkan ikan, tanah mogok mengeluarkan unsur haranya untuk bisa kita tanami tumbuhuan yang bisa kita makan. Apa yang akan terjadi?

Stop simbiosis parasitisme. Tingkatkan Komensalisme menjadi Mutualisme. Ayo sayangi Bumi kita. Jaga ia dari ancaman apapun. Tanam Pohon agar tak kekeringan, tak erosi tak banjir. Agar udara sejuk kaya akan oksigen buat kita menghela nafas.

Itulah yang menyemangati Pemerintah Desa Wonocoyo merangkul beberapa Ormas dan LMDH untuk turut serta menanam dan menjaga pohon lindung di beberapa sumber air Desa. Kegiatan itu dilakukan Minggu, 11 Oktober 2020 yang lalu. Nampak terlibat dalam acara Reboisasi di Sumber Mata Air tersebut GP Ansor Banser Panggul, PSHT Wonocoyo, Kicau Mania Panggul dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan..

Kegiatan ini dilakukan karena prihatin terhadap penggundulan kawasan sumber air, kalau musim kemarau keadaan disekitar mengalami kekeringan dan sulit mencari sumber mata air. Jenis tumbuhan yang ditanam adalah pucung alias kluwak, trembesi dan lain-lain. Salam Lestari! (Eko Mrg)

Komentar atas JAGA KELESTARIAN SUMBER AIR : Rangkul LMDH dan ORMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar