LOPAS MUSIC DAN Lo.G MUSIC OFFICIAL Industri Musik di Desa Wonocoyo

Eko Mrg 22 Juli 2020 20:10:24 WIB

Industri kreatif adalah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang dapat menghasilkan sebuah karya, tanpa mengeksploitasi sumber daya alam, serta dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan. 

Musik merupakan salah satu jenis industri kreatif yang cukup menjanjikan dalam dunia showbiz. Besarnya minat dan antusiasme para musisi muda untuk terjun ke dalam bidang ini menunjukkan bahwa musik punya potensi menjadi industri yang sangat besar. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia begitu optimistis menempatkan musik sebagai salah satu sub sektor yang akan dikelola secara lebih maksimal.

Meskipun sub sektor musik punya potensi yang sangat besar, beberapa pelaku melihat permasalahan yang harus segera diselesaikan. Salah satu tantangan terbesar adalah pembajakan yang masih marak sehingga menyebabkan perkembangan industri musik di Indonesia terhambat. Pembajakan tentunya menyebabkan turunnya kualitas dan kuantitas produksi, menurunnya apresiasi masyarakat terhadap musik, dan turunnya minat investasi di bidang ini.

Bekraf menyediakan fasilitasi untuk para pelaku industri musik. Beberapa fasilitasi yang akan disediakan oleh Bekraf antara lain perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sehingga bisa mengurangi pembajakan, menginisiasi terbentuknya inkubator-inkubator musik, membuka akses permodalan untuk industri musik, membangun ekosistem bisnis musik yang sehat, dan program-program lain.

Sekelompok pemuda di Desa Wonocoyo mencoba terjun menggeluti industri music. Sebut saja Lopas Music dan Lo.G Music Official. Saat ini keduanya mencoba mencipta, mengaransemen, meproduksi Videografi dan juga Cover Lagu.

Harapannya ke depan adalah semoga dengan munculnya industri kreatif di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek khususnya di Desa Wonocoyo bisa tumbuh dan berkembang sehingga dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan. Amin. Untuk lebih mengenal kiprah industri musik di Desa Wonocoyo, silahkan kunjungi link  Chanelnya pada Youtube di bawah ini. (Eko Mrg)

  1. LOPAS MUSIC
  2. Lo.G MUSIC OFFICIAL

Komentar atas LOPAS MUSIC DAN Lo.G MUSIC OFFICIAL Industri Musik di Desa Wonocoyo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar