Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

Eko Mrg 24 Agustus 2019 18:50:35 WIB

Wonocoyo, 15 Agustus 2019

Kamis, 15 Agustus 2019 telah dilaksanakan acara Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini di SDN 3 Wonocoyo dalam rangka penutupan membantu mengajar di SD tersebut. Peserta  dari sosialisasi ini adalah siswa/I kelas 3 dan 4 yang masing-masing kelas berjumlah 22 anak.  Sosialisasi ini dilaksanakan di halaman sekolah SDN 3 Wonocoyo dan dimulai pada pukul   07.00-11.00 WIB. Dalam sosialisasi ini terdapat berbagai kegiatan meliputi BMCK (bermain, menyanyi, cerita, dan kreasi).

BMCK adalah serangkaian kegiatan yang yang menarik dan menyenangkan untuk anak-anak khususnya anak usia dini. Dalam kegiatan pertama yakni bermain kita melakukan permainan “Katakan yang Sebenarnya dan Sebaliknya”. Melalui kegiatan bermain ini dapat meningkatkan fokus siswa mengenai penjelasan yang mereka dapat. Mereka juga diberi tantangna untuk membuat yel-yel guna melatih kekompakan kelompok. Yang kedua adalah Menanyi, dalam kegiatan menyanyi peserta KKN memilih nada dari lagu “Abang Tukang Bakso” tetapi diubah liriknya. Liriknya sebagai berikut :

“Mari Menabung”

Ayo adek-adek mari kita nabung, nabung setiap hari

Dari limaratus ataupun seribu hingga sepuluh ribu

Tidak perlu bingung tidak perlu ragu dan tak perlu malu

Uang logam ataupun uang kertas

Pengen kaya nabungnya jangan malas

Jadi anak janganlah suka boros

Kalau boros nanti dompetnya tepos

Kegiatan yang ketiga  adalah Cerita. Dalam kegiatan ini peserta KKN membuat cerita yang  berjudul “Ayo Menabung” yang terdapat 3 tokoh yaitu Merpati, Kuda, dan Kupu-kupu. Dalam kegiatan ini peserta KKN menanmpilkan drama tentang cerita ini didepan para adik-adik. Inti dari drama tersebut adalah tentang keuntungan jika kita menabung sejak usia dini.  Tentunya kita menggunakan property wayang godong yang sebelumnya sudah disiapkan. Setelah bercerita,  kegiatan selanjutnya adalah kreasi.  Dalam kegiatan terakhir ini siswa diminta untuk membuat kerajinan Wayang Godong. Sebelumya siswa sudah diberi tahu untuk membawa peralatan seperti gunting dan lem. Sedangkan, peserta KKN membawa bahan seperti daun-daun kering, kertas karton, dan gambar dari hewan-hewan. Walau pun membutuhkan waktu yang lumayan lama, tetapi anak-anak menikmati proses ini.

Setelah semua kegiatan selesai, peserta KKN memberikan hadiah atau door prize kepada kelompok yang kompak, siswa yang terampil melalui karyanya, dan siswa yang berani. Begitulah keseruan dari sosialisasi yang dilakukan di SDN 3 Wonocoyo. Wonocoyo Idaman Hati. (kkniaintagung2019)

Komentar atas Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar