SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT

Eko Mrg 26 Juni 2019 11:05:00 WIB

Trenggalek, 25 Juni 2019

Bertempat di Hall Room Gadjah Mada Hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Bimtek Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 Pilar Bagi Puskesmas di Kabupaten Trenggalek digelar oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek. Mengahdirkan berbagai narasumber, diantaranya Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur,  Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Dinas PKLH Kab. Trenggalek serta Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pacitan.

Sementara peserta Bimtek yang hadir selain dari Puskesmas se kabupaten Trenggalek adalah juga Pemerintah Desa binaan STBM masing masing Puskesmas. Pemerintah Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul salah satunya.

Diharapkan Kabupaten Trenggalek segera menyusul Kabupaten lainnya untuk berhasil menjadi Kota Kabupaten STBM di Jawa Timur.

Apa itu STBM?

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang selanjutnya disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Komunitas merupakan kelompok masyarakat yang berinteraksi secara sosial berdasarkan kesamaan kebutuhan dan nilai-nilai untuk meraih tujuan.

Open Defecation Free yang selanjutnya disebut sebagai ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Cuci Tangan Pakai Sabun adalah perilaku cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.

Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga yang selanjutnya disebut sebagai PAMRT adalah suatu proses pengolahan, penyimpanan dan pemanfaatan air minum dan air yang digunakan untuk produksi makanan dan keperluan oral lainnya seperti berkumur, sikat gigi, persiapan makanan/minuman bayi.

Lima (5) Pilar STBM di antarnya adalah sebagai berikut:

1. Tidak buang air besar (BAB) sembarangan

2. Mencuci tangan pakai sabun.

3. Mengelola air minum dan makanan yang aman.

4. Mengelola sampah dengan benar.

5. Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

(Sumber http://www.sanitasi.net/sanitasi-total-berbasis-masyarakat.html

 

Komentar atas SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar