MIMPI DAN AKSI BERSAMA DEMI KEBERLANJUTAN KEHIDUPAN DI BUMI

Eko Mrg 09 September 2018 21:27:53 WIB

Bahwa kemudian, dewasa ini;  kerusakan Lingkungan Hidup telah menjadi rahasia besar kita bersama. Bumi, laut…dan udara…mengalami penurunan kualitasnya. Eksplotasi sumber daya alam kita acap kali kita lakukan terlalu berlebihan. Dan celakanya bukan hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup  kita. Tapi, lebih mendekati dengan sifat kita yang tamak dan berlebihan.

Aktivitas kehidupan kita yang cenderung tidak ramah lingkungan paling dahsyat andilnya dalam hal kerusakan lingkungan hidup. Penebangan hutan secara liar, perburuan satwa yang tidak terkendali, pemanfaatan sumber daya perikanan menggunakan alat yang tak ramah lingkungan dan berlebihan adalah contoh kegiatan kita yang masiv.

Apakah ini ancaman? Tentu saja. Karena kerusakan lingkungan hidup akan mengancam keberlangsungan kehidupan kita di bumi. Dan apakah ini situasi yang perlu kita gelisahkan? Barang tentu. Karena tidak ada di antara kita yang ingin kehidupan ini hancur karena kerusakan habitat hidup kita karena buah dari ulah kita.

Berangkat dari kegelisahan tadi, Pemerintah Desa Wonocoyo bersama seluruh masyarakat Desa Wonocoyo menggagas sebuah langkah pencegahan kerusakan. Bermimpi bersama; betapa indahnya kehidupan ini ketika Bumi dan seisinya lestari. Satwa dan tumbuhan terjaga.

Mimpi itu kemudian diwujudkan dalam bentuk aksi bersama. Implementasinya adalah melaksanakan kegiatan konservasi alam, gerakan menanam pohon, melepaskan satwa liar ke alam bebas, melepaskan ikan di perairan desa. Lalu, menjaga agar apa yang telah dilakukan tadi aman, terawat dan terjaga. Caranya; menerbitkan sebuah regulasi. Peraturan. Peraturan Desa Wonocoyo Nomor 4 tahun 2014 tentang Perlindungan, Pengendalian dan Pemanfaatan Satwa dan Tumbuhan dilahirkan.

Hasilnya, Wonocoyo berhasil menjadi Juara I Konservasi Penyu oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Timur. Kemudian, dinobatkan menjadi Desa Berseri (bersih dan lestari) Kategori Madya oleh Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur.

Semoga Mimpi dan Aksi Desa Wonocoyo terus terjaga dengan baik dalam menjaga dan melestarikan alamnya. Amin. (*)

Komentar atas MIMPI DAN AKSI BERSAMA DEMI KEBERLANJUTAN KEHIDUPAN DI BUMI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar