Rhizophora dan Sonneratia Alba Untuk Kambal

Eko Mrg 18 Januari 2022 19:16:43 WIB

Wonocoyo, Jumat 14 Januari 2022.

Setelah mencoba menanami beberapa jenis mangrove, ternyata yang paling cocok dan bisa beradaptasi dengan baik di muara Pantai Kambal adalah Rhizophora dan Sonneratia Alba. Dari kesimpulan uji coba inilah yang kemudian membuat Satgas Lingkungan Hidup Desa Wonocoyo semakin getol menanam kedua Mangrove jenis ini.

Rhizophora. Jenis ini sangat dicirikan dengan bentuk perakaran yang menghunjam ke tanah atau dikenal dengan akar tunjang (still root).  Akar tunjang merupakan akar yang tumbuh di atas permukaan tanah. Akar ini mencuat dari batang pohon dan dahan paling bawah serta memanjang ke luar dan menghujam ke tanah.

Sonneratia Alba . Cirinya daun berkulit, memiliki kelenjar yang tidak berkembang pada bagian pangkal gagang daun. Pohon selalu hijau, tumbuh tersebar dengan ketinggian mencapai 15 m. Kulit kayu berwarna putih tua hingga coklat, dengan celah longitudinal yang halus. Akar berbentuk kabel di bawah tanah dan muncul kepermukaan sebagai akar nafas yang berbentuk kerucut tumpul dan tingginya mencapai 25 cm. Akar nafas inilah yang biasa disebut akar pensil;  karena bentuknya yang seperti pensil.

Harapan ke depan, kedua jenis mangrove ini akan menjadi Greenbelt  sebagai mitigasi bencana yang mampu menahan abrasi air laut, tempat berpijah dan berkembangnya ikan dan kepiting serta  sebagai penahan uap air laut yang kerap mengganggu tanaman pertanian warga masyarakat Desa Wonocoyo. 

Komentar atas Rhizophora dan Sonneratia Alba Untuk Kambal

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar