SATU DESA DI TRENGGALEK TEMBUS PROKLIM UTAMA

Eko Mrg 30 Oktober 2021 05:38:55 WIB

Upaya  Desa Wonocoyo dalam melestarikan Lingkungan Hidup sejak tahun 2010 rupanya mulai menampakkan hasil. Tahun ini, Desa yang memiliki Kawasan Ekosistem Esensial  (KEE) Konservasi Penyu Taman Kili Kili itu dianugerahu Trophy Proklim Utama oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Trophy langsung diberikan oleh Ibu Siti Nurbaya Menteri LHK secara virtual.

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam pertauran menteri tersebut juga disinnggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa. (Sumber: Direktorat Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Tahun ini ada 9 (Sembilan) Desa di Propinsi Jawa Timur yang menyabet gelar Proklim di tingkat Nasional. Di antaranya :

Proklim Lestari :

  1. Kota Surabaya RW. 03 Kelurahan Jambangan
  2. Kota Blitar, Kelurahan Tanjungsari

Proklim Utama :

  1. Desa Pilanggede, Kabupaten Bojonegoro
  2. 16 Kelurahan Pandean, Kota Madiun
  3. 11 Kelurahan Taman, Kota Madiun
  4. 6 Kelurahan Sambikerep, Kota Surabaya
  5. 6 Kelurahan Menur Puri Pungen, Kota Surabaya
  6. 2 Keluarahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang
  7. Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.                                                                                                                                                                                                  Salam Lestari (Eko Mrg)

Komentar atas SATU DESA DI TRENGGALEK TEMBUS PROKLIM UTAMA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar