BERDAYAKAN MASYARAKAT MELALUI TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN

Eko Mrg 18 Agustus 2021 19:22:39 WIB

Dalam Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada Pasal 2 disebutkan bahwa “Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukuran dan kemitraan”.

Pada hari Senin, 16 Agustus 2021 Perpustakaan Idaman Desa Wonocoyo mendapatkan bantuan Buku Dari Perpustakaan Nasional sebanyak 350 Judul yang terdiri dari 700 eksemplar melalu Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Diharapkan dengan program tersebut dapat memenuhi hak masyarakat dalam memperoleh layanan dan pendayagunakan fasilitas perpustakaan. Ini juga berlaku untuk masyarakat disabilitas, dengan keterbatasan fisik maupun sosial serta masyarakat yang terisolasi dan terpencil sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang secara tegas menjelaskan bahwa Pemerintah berkewajiban untuk menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial besutan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI ini adalah merupakan upaya pemerintah dalam penguatan literasi di masyarakat dan pemerataan informasi untuk peningkatan kesejahteraan. Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan serta menawarkan kesempatan berusaha.

Tahun ini, sebanyak 450 perpustakaan desa di 159 kabupaten di 32 provinsi di Indonesia masuk dalam program transformasi berbasis inklusi sosial. Termasuk satu diantaranya adalah Perpustakaan Idaman Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.

"Transformasi perpustakaan bebasis inklusi sosial memiliki tujuan untuk meningkatkan terciptanya masyarakat yang sejahtera. Sekaligus meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan meningkatkan penggunanaan layanan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan," demikian yang disampaikan Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi pada Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial 2021 dengan tema 'Perpustakaan Bertransformasi, Solusi untuk Masyarakat Desa Berdaya di Masa Pandemi', Senin (15/3/2021).

Komentar atas BERDAYAKAN MASYARAKAT MELALUI TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar