LESTARI, BERMANFAAT DAN BERKELANJUTAN

Eko Mrg 05 Agustus 2021 19:57:07 WIB

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam peraturan menteri tersebut juga disinggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa. (Sumber: Direktorat Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Pada hari Rabu tanggal 4 Agustus 2021 kemarin, Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek melalui wilayah Dusun Bendogolor mengikuti Program Kampung Iklim (ProKlim). Verifikasi Lapang (Verlap) yang sedianya akan dilakukan secara off line harus diurungkan karena situasi pandemi Covid yang belum berakhir. Namun begitu, verlap yang diselenggarakan secara virtual (on line) diharapkan tidak mengurangi subtansi dan kualitas verifikasi. Tim verifikasi menuntut serasa “hadir” di Dusun Bendogolor. Oleh karenanya Satgas Lingkungan Hidup Desa Wonocoyo yang mengawal ProKlim di desa termasuk di dalamnya adalah Dusun Bendogolor harus mampu menyuguhkan paparan atau presentasi yang lengkap dan menyeluruh mendasar pada data, dokumentasi dan administrasi.

Pembukaan Verlap dihadiri oleh Bapak Agus Dwi Karyanto, SSTP selaku Camat Panggul, rombongan dari Dinas PKPLH Kabupaten Trenggalek yakni Bapak M. Jarot Widiatmoko, ST Kabid Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, Bapak Sulistiyo Eko Nugroho, ST Kasi Pemeliharaan dan Pemulihan Lingkungan dan SDA serta Bapak Yudan Yuniarto selaku Pengelola Lingkungan. Tidak ketinggalan tentu saja seluruh jajaran BPD, Pemerintah Desa dan segenap Satua Tugas Lingkungan Hidup Desa Wonocoyo.

Hadir secara virtual sejumlah Tim Verifikator ProKlim dari KLH dan Ibu Putri Liana dari Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur sebagai pendamping. Acara Verlap melalu zoom meeting dibuka dengan sambutan Bapak Camat Panggul. Disusul sambutan Bapak Didik Herkunadi Kepala Desa Wonocoyo.

Verlap dipandu langsung olehTim Verifikator ProKlim dari KLH yaitu Bapak Bowo dan Ibu Merry yang langsung melakukan pendalaman langsung kepada sejumlah narahubung yang disiapkan oleh Tim Satgas Lingkungan Hidup Desa Wonocoyo.

Narahubung pertama di Sekretariat Kantor Desa Wonocoyo adalah Sdr. Eko Margono yang menjabat sebagai Sekretariat Pokmaswas Konservasi Penyu Taman Kili Kili. Kemudian Narahubung kedua di Konservasi Penyu Taman Kili Kili adalah Bapak Ari Gunawan selaku Ketua Pokmas. Disusul Narahubung ketiga adalah Bapak Muklas Kasun Bendogolor yang melaporkan secara langsung dari wilayah Dusun Bendogolor. Dan narahubung terakhir adalah Bapak Misdi selaku Ketua Satgas Lingkungan Hidup yang malaporkan secara langsung kondisi Sumber Air Ngumbul Tirta yang berada pada kawasan hutan.

Guna kelancaran proses verlap, sejumlah Relawan dan Karang Taruna hadir untuk membantu peliputan dan pelaporan dari tempat peliputan. Ada sebagian yang bertindak sebagai Petugas kamerawan dan petugas internet dan sebagian bertugas sebagai perlengkapan. Karena di beberapa tempat yang akan diliput signal internetnya kurang bagus maka sejumlah tim menyiapkan antenna wifi portable. Sekilas cara kerja mereka terlihat seperti awak media televisi yang sedang melakukan siaran langsung dari lapangan.

Kerja Tim yang patut diapresiasi. Meski diguyur hujan kegiatan peliputan dan pelaporan dari lapangan berjalan dengan baik. Semoga Lestari Desaku dan berdampak kesejahteraan kepada masyarakat Desa Wonocoyo. Salam Lestari. (Eko Mrg) 

Kunjungi : https://www.youtube.com/watch?v=3TI6VSuNh-Y

 

Komentar atas LESTARI, BERMANFAAT DAN BERKELANJUTAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar