SOSIALISASI RENCANA RINTISAN KAWASAN KONSERVASI BERBASIS MASYARAKAT

Eko Mrg 20 Maret 2021 17:32:57 WIB

Trenggalek, 17 Maret 2021

Bertempat di  Ruang Pertemuan Balai Benih Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek sebuah rapat  bertajuk “Sosialisasi  Rencana  Rintisan Kawasan Konservasi Berbasis Masyarakat” digelar. Penyelenggaranya adalah Seksi Konservasi  Kelautan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar.

Kegiatan tersebut adalah sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang  Penyelenggaraan Penataan Ruang serta Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 31/Permen-Kp/2020 tentang Pengelolaan Kawasan Konservasi.

Hadir dalam rapat tersebut Bapak  Ir SUTJIPTO HARIONO, MT  Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar beserta jajarannya, Ir. Cusi Kurniawati, M.Si. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek beserta jajarannya, Cak Kandar dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang serta Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di 3 Kecamatan pesisir yang meliputi Kec. Watulimo, Kec Munjungan dan Kec. Panggul.

Ada tiga narasumber yang secara bergantian menyampaikan materi sosialisasi yakni Ibu Siska dari Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek dengan materi “Potensi Konservasi Kabupaten Trenggalek”, Ibu Evi Rachmawati S.PI, M.AP Kepala Seksi Konservasi  Kelautan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar dengan materi “Sosialisasi  Rencana  Rintisan Kawasan Konservasi Berbasis Masyarakat”  dan Cak Sukandar dari Universitas Brawijaya Malang dengan materi “Konservasi Berbasis Masyarakat”.

Tersampaikan dengan jelas bahwa keberlangsungan Kawasan Konservasi Kelautan dengan Kekayaan Keanekaragaman Hayatinya perlu dan wajib memiliki Zonasi Kawasan Konservasi. Dan Zonasi itu meliputi : Zona Inti, Zona Pemanfaatan terbatas dan Zona Lain sesuai peruntukannya.

Sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka menggali potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang ada di Kabupaten Trenggalek khususnya di 3 Kecamatan pesisir yang meliputi Kec. Watulimo, Kec Munjungan dan Kec. Panggul. Pertemuan sosialisasi ini juga bertujuan untuk membangun sinergi antara Cabdin KP Blitar dengan OPD dan Pokmaswas yang ada di Kabupaten Trenggalek. Hasil dari pertemuan ini adalah rencananya salah satu kecamatan pesisir di Kabupaten Trenggalek, yaitu Kecamatan Panggul akan dikaji dan dipetakan sebagai rintisan kawasan konservasi oleh Cabdin KP Blitar yang berkolaborasi dengan Tim Universitas Brawijaya.

Jayalah Maritimku Jayalah Indonesiaku. Mari jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia. (Eko Mrg).

Komentar atas SOSIALISASI RENCANA RINTISAN KAWASAN KONSERVASI BERBASIS MASYARAKAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar