PENANAMAN LAHAN KRITIS BARENG PKPLH TRENGGALEK

Eko Mrg 26 Januari 2021 20:41:55 WIB

Wonocoyo, Rabu 20 Januari 2021

sekira pukul 09.00 WIB, hari Rabu tanggal 20 Januari 2021 yang lalu rombongan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Trenggalek berkunjung ke Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul.

Rombongan terdiri dari tiga (3) orang yakni pak Yayak, pak Juhdan dan pak Edi. Kedatangannya ke Desa Wonocoyo tak lain dan tak bukan adalah ingin menyaksikan hasil giat penanaman tanaman di Kawasan Sumber Air Ngumbul Tirta, Bantaran Sungai di Pantai Kambal dan Pantai Taman Kili Kili.

Kawasan Sumber Air Ngumbul Tirta ditanami dengan aneka pohon yang memiliki fungsi ekologi dan ekonomi. Di antaranya : Beringin (Ficus Bejamina), Trembesi, Pucung, Bambu, Pule, Loa, Kepuh, Durian, Nangka, Sukun, Jambu, Aren dan masih banyak lagi. Sementara Bantaran sungai di Pantai Kambal ditanami dengan Bakau (Rhizophoraceae) sebagai fungsi menahan abrasi dan tempat berkembang biak ikan dan sumberdaya perairan darat yang lain. Sedangkan Pantai Taman Kili Kili ditanami Pohon Ketapang  (Terminalia catappa) sebagai perindang dan keindahan serta yang lebih penting adalah menahan abrasi air laut. Bibit Tanaman diperoleh dari berbagai donatur, relawan, CDK Kehutanan Kabupaten Trenggalek serta dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Trenggalek melalui program kegiatan Penanaman Kawasan Lahan Kritis.

Kini tanaman itu setiap saat dirawat dan dilindungi oleh Pemerintah Desa Wonocoyo  agar lestari. Nomor register tanaman pun disematkan pada setiap pohon agar siapapun tahu bahwa pohon itu dilindungi dan tidak boleh dirusak.

Salam Lestari. (Eko Mrg)

Komentar atas PENANAMAN LAHAN KRITIS BARENG PKPLH TRENGGALEK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar