Inventarisasi dan Verifikasi Keanekaragaman Hayati KEE Pantai Taman Kili Kili

Eko Mrg 22 Januari 2021 06:59:47 WIB

Sabtu, 16 Januari 2021

Rapat koordinasi kegiatan Inventarisasi dan Verifikasi Keanekaregaman Hayati KEE Pantai Taman Kili Kili dilakukan Hari Senin Tanggal 11 Januari 2021 yang lalu dengan fasilitasi Tim Arupa - Usaid Bijak. Kegiatan dilakukan di Joglo Konservasi Penyu Taman Kili Kili. Hadir selain Tim Arupa adalah Bapak Yudi Sunarko Asisten II Kabupaten Trenggalek, Bapak Ulang Staff Ahli Bupati Trenggalek, Pak Agus Dwi Karyanto Camat Panggul, Pemerintah Desa Wonocoyo, Mas Tatun dari Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, Dinas PKPLH Kabupaten Trenggalek, Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek, Perum Perhutani, Pokmaswas Konservasi Penyu Taman Kili Kili dan sejumlah undangan lainnya. 

Tim inventarisasi dan verifikasi keanekaragaman hayati (inver kehati) telah menyelesaikan pengambilan data flora dan fauna pada areal lansekap KEE Pantai Taman Kili-Kili. Sebanyak 60 titik pemgamatan yang tersebar di tiga desa meliputi Desa Wonocoyo, Desa Nglebeng, dan Desa Besuki telah selesai diidentifikasi dan diverifikasi selama enam hari. Kegiatan ini dimulai pada Senin, 11 Januari 2021 dan selesai pada Sabtu, 15 Januari 2021.

Kegiatan inver kehati ini dilakukan dengan metode SMCA (spatial multicriteria analysis) sebagai cara untuk menentukan tingkat keanekaragaman hayati di suatu lokasi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian studi yang tengah di garap ARUPA - BIJAK dalam rangka penguatan data kehati pada area KEE Pantai Taman Kili-Kili yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan penentuan zonasi area KEE serta dalam penyusunan peta blok.

Selama enam hari tim inver kehati melalukan identifikasi satwa dan flora yang ditemukan pada titik-titik pengamatan dengan metode transek/jalur. Data yang didapatkan berupa jenis-jenis flora dan fauna, foto, jumlah, dan persebarannya (AL-ST).

Sumber : https://www.facebook.com/lembaga.arupa/posts/3427505450692812

Komentar atas Inventarisasi dan Verifikasi Keanekaragaman Hayati KEE Pantai Taman Kili Kili

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar