TEMPAT ITU BERNAMA KANTOR UNIT PENGELOLAAN SAMPAH

Eko Mrg 24 Oktober 2020 21:05:45 WIB

Wonocoyo, 20 Oktober 2020

Tekad Pemerintah Desa Wonocoyo dalam hal melakukan pengelolaan sampah desa, rupanya tak boleh dipandang sebelah mata.  Sederet rencana strategis telah disusun dan dijalankan, di antaranya :

  1. Membentuk Unit Pengelolaan Sampah sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Wonocoyo
  2. Menganggarkan Penyertaan Modal pada BUMdes dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2020 untuk menjalankan roda Unit Pengelolaan Sampah.
  3. Menganggarkan Syudy Lapang ke Kabupaten Pati untuk meningkatkan kapasitas Pemerintahan Desa dan Pelaku BUMDes.
  4. Menganggarkan Pembangunan Teknologi Tepat Guna (TTG) Bio Reaktor Kapal Selam sebagai prasarana mengolah sampah menjadi Pupuk Padat, Pupuk Cair dan Bio Gas sebagai energy alternative yang efisien.
  5. Melakukan sosialisasi dan motivasi kepada seluruh masyarakat akan pentingnya mengelola sampah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse dan Recycle)
  6. Partisipasi Masyarakat membayar iuran pengelolaan sampah kepada Unit Pengelolaan Sampah.

Setelah melalui proses yang begitu panjang, akhirnya renstra tersebut satu demi satu mulai dilakukan. Awal bulan Oktober Tahun 2020 kemarin retribusi sampah sudah mulai dipungut oleh Unit Pengelolaan Sampah. TPS telah disiapkan di seluruh sudut RT atas permintaan masyarakat. Bahkan juga beberapa instansi Pemerintah dan Swasta; mulai menjalin kerja sama untuk melakukan pengelolaan sampah. Dan saat ini Unit Pengelolaan sampah Desa Wonocoyo telah memiliki kantor tepat di sebelah TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) yang berdiri di atas Tanah Kas Desa.

Kini Unit Pengelolaan Sampah itu ditangani oleh tiga (3) orang pengurus dan dua (2) orang karyawan. Semoga ke depan Unit ini akan mampu mengelola pengolahan sampah dengan menggunakan prinsip 3R dan berdampak provit bagi Desa. Sukses terus BUMdes Desa Wonocoyo! Amin. (Eko Mrg)

Komentar atas TEMPAT ITU BERNAMA KANTOR UNIT PENGELOLAAN SAMPAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar