PROFIT DAN BENEFIT SOSIAL

Eko Mrg 24 Juli 2020 18:01:01 WIB

Wonocoyo, 22 Juli 2020

Merancang Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu  pemikiran dan langkah-langkah serius. Karena hasil dari pada rancangan tersebut akan menjadi “roadmap” (peta jalan) dalam mendirikan, mengembangkan dan memajukan unit usaha BUMDes nantinya, sehingga pengelola tidak lagi kehilangan arah atau salah arah dalam menjalankan unit usaha BUMDes.

Menindaklanjuti pertemuan Pelatihan Managemen Pengelolaan BUMDes bersama Pendamping Ekonomi Desa Kabupaten Trenggalek; Ibu Tri Winarsih, MM hari Rabu 16 Juli 2020 yang lalu  Pemerintah Desa Wonocoyo, BPD, Pengelola Bumdes dan sejumlah Tokoh Profesional Desa mengadakan rapat hari Rabu 22 Juli 2020 malam hari. Rapat digelar sejak pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 22.00 WIB.

Pokok bahasan yang menjadi keseriusan dalam rapat adalah pemilihan jenis usaha BUMDes dan Pemetaan Bentang. Pemilihan jenis usaha dan pemetaan bentang akan sangat berguna untuk melakukan analisis potensi dan mengetahui hambatan serta menguji kelayakan sebuah usaha yang akan dijalankan.

Jenis usaha yang dijadikan objek analisis, adalah Pengelolaan Sampah Desa yang akan diolah menjadi Pupuk Padat Organik, Pupuk Cair dan Bio Gas. Pengkajian kelayakan usaha meliputi aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan SDM , aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial, budaya, politik dan lingkungan serta aspek hukum alias yuridis.

Dengan upaya ini diharapkan Unit Usaha Bumdes yang direncanakan akan dibentuk, diberi permodalan dan dijalankan dalam tahun ini dapat berjalan dengan baik sehingga berdampak profit dan berdampak benefit sosial bagi masyarakat sesuai harapan bersama. Amin. (Eko Mrg).

Komentar atas PROFIT DAN BENEFIT SOSIAL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar