JELAJAH DESA INDOSIAR

Eko Mrg 14 Juni 2020 22:10:54 WIB

Sabtu, 13 Juni 2020

Hasil Rapat Koordinasi di aula Dinas PMD Kabupaten Trenggalek pada hari Selasa, 9 Juni 2020 yang lalu, ditetapkan bahwa Desa Wonocoyo merupakan satu di antara 10 Desa di Kabupaten Trenggalek yang mendapat kesempatan diliput Indosiar dalam program Jelajah Desa.

Program Jelajah Desa bertujuan untuk mempublikasikan dan mempromosikan potensi desa. Potensi desa dimaksud dapat berupa : potensi pariwisata, potensi UMKM, potensi agro/hortikultur, potensi seni/budaya, industri kerajinan/souvenir, dan inovasi desa.

Sabtu, 13 Juni 2020 sekira pukul 09.00 WIB, dengan didampingi pejabat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek; Tim Indosiar tiba di Desa Idaman Hati. Disambut Kepala Desa beserta sejumlah Perangkat Desa yang didampingi oleh Bapak Agus Dwi Karyanto S.STP; Bapak Camat Panggul.

Setelah berkoordinasi beberapa saat sambil mendokumentasikan beberapa prestasi Desa Wonocoyo, Tim Jelajah Desa segera menyusur ke sejumlah lokasi. Adalah Agro Hortikultura, Kawasan Pertanian Hortikultura yang berada di perbatasan Dusun Karang dan Dusun Bendogolor. Sebuah kawasan pertanian yang dikelola oleh sejumlah petani muda; yang mencoba berinovasi mendobrak system pertanian konvensional. Sejumlah tanaman hortikultura berhasil ditanam dengan baik.

“Ini upaya kita utuk memanfaatkan lahan kering yang hanya mengandalkan tadah hujan. Sistem pengairannya kami menggunakan sumur bor. Alhamdulillah, hasilnya dari tahun ke tahun mampu mengurangi ketergantungan masyarakat akan tanaman sayur yang biasa didatangkan dari wilayah luar Kecamatan Panggul!” ujar pak Tri Cincau kepada Tim Jelajah Desa.

Potensi kedua yang disusur adalah kerajinan pemuda Desa yang berupa pembuatan kerajinan berbahan fiber glass. Bermacam – macam produk dengan bangga ditunjukkan. Kelompok pengrajin, yang diketuai oleh Mas Fery ini selain melayani penjualan secara off line juga on line.

“Alhamdulillah, produk kami bisa dikenal tidak hanya wilayah Jawa Timur. Tapi juga sudah menembus pasar di Jawa tengah dan Jogjakarta.” Tegas mas Fery penuh semangat.

Lokasi ketiga yang kemudian dikunjungi adalag Tempat Pengolahan Sabut Kelapa yang ada di kawasan Tumpang Dusun Bendogolor. Tempat ini sejak akhir 2019 memang dikenl sebagai tempat pengolahan limbah kelapa yakni sabut. Sabut yang semula hanya dibuang atau dibakar kemudian dimanfaatkan menjadi produk kerajinan yang bisa memiliki nilai ekonomi. Selain mampu me Recycle (mendaur ulang sampah) kegiatan ini juga berhasil menciptakan peluang dan lapangan pekerjaan baru.

Potensi Wisata Pantai Pelang tentu tak ketinggalan. Pantai yang berada di ujung barat Desa Wonocoyo ini siapa yang tak kenal. Perpaduan alam pegunungan, laut, sungai,  pantai, pulau-pulau dan air terjun adalah harmonisasi yang dapat dijumpai di Pantai Pelang.

Potensi terakhir adalah Wisata Edukasi Konservasi Penyu Taman Kili Kili. Sebuah Kawasan dimana Pelestarian Penyu dilakukan. Konservasi Penyu Taman Kili Kili Desa Wonocoyo  ini tidak hanya satu satunya tempat pelestarian penyu di Kabupaten Trenggalek, tapi tiga dari yang ada di Jawa Timur. Pak Ari Gunawan, Ketua Pokmaswas Konservasi Penyu Taman Kili Kili menyambut Tim Jelajah Desa Indosiar dengan sederet penjelasan bagaimana Penyu adalah hewan purba yang harus dilestarikan. 

(#SalamInovasiDesa)

Komentar atas JELAJAH DESA INDOSIAR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar