SEMINAR KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN POTENSI LOKAL

Eko Mrg 30 Agustus 2019 17:18:51 WIB

Wonocoyo, Senin (12-08-2019)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung Wonocoyo Posko 2 telah mengadakan program Revolusi Mental ketiganya dengan tema “ Seminar Kewirausahaan dan Pemanfaatan Potensi Lokal” yang berlokasi di Balai Desa Wonocoyo. Narasumber dalam seminar ini adalah seorang polisi yang sukses dengan kegiatan sampingannya menjadi seorang wirausaha yaitu Dedi Mahendra Sukma S.H. Program ini turut di hadiri oleh Bapak Camat Panggul, Bapak Kepala Desa Wonocoyo, Bapak Dedi Suselo selaku DPL, Ibu Kepala Desa Wonocoyo, Ibu-Ibu  PKK dan Posyandu, serta Bapak dan Ibu masyarakat Karang.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Wonocoyo. Beliau mengatakan, “Di Desa Wonocoyo banyak sekali potensi lokal yang bisa kita gunakan untuk menambah penghasilan warga, dan dengan adanya kegiatan seminar ini semoga kedepannya lebih banyak lagi ada inovasi-inovasi baru yanag bisa kita olah.”

Dedi Susulo, S.E M.M selaku Dosen Pembimbing Lapangan dalam sambutannya mengatakan, “Dilihat dari survei yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Wonocoyo 2 dapat diketahui bahwa potensi Desa yang banyak di jumpai di Desa Wonocoyo ini adalah kelapa dan juga kedelai. Untuk itu para mahasiswa mencoba berinovasi dalam pembuatan suatu produk yang sudah ada yang murah dan bahan yang simpel, dengan ini semoga kegiatan seminar ini masyarakat bisa menerima dan memulai inivasi baru yang lebih lagi.“

Pada seminar kali ini, lebih menekankan kepada bagaimana cara menumbuhkan jiwa wirausaha bagi masyarakat dan bagaimana cara memulai suatu usaha yang baik. Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Bapak Dedi terdapat 7 langkah yang harus dilakukan oleh seseorang yang akan memulai suatu usaha. Yaitu membidik potensial market yang dituju yang berupa bleeding,potential dan sleeping, membuat produk yang ngangenin, membuat tampilan yang menarik, membuat merk yang ngeTop, promosi online dan offline, pengungkit konversi dimana para pemula harus bisa mengatur strategi timing dan harga.

“Dalam memulai suatu usaha, niat adalah menjadi kunci penting dalam kesuksesan seseorang. Sebelum melakukan usaha harus ditata terkebih dahulu niatnya, yaitu harus berniat untuk mencari ridho Allah. Karena rezeki manusia sudah tertakar tidak mungkin tertukar” Ujar Dedi Mahendra.

Setelah pemaparan materi yang disampaikan oleh pak Dedi, dilakukan promosi produk yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung Wonocoyo 2. Produk yang dikenalkan adalah produk permen kelapa yang diberi nama “Kokan” dan produk Tahu Walik yang dinamai “Tahukung”. Produk ini diciptakan dengan melihat dari potensi lokal yang ada di wilayah Pangul yaitu kelapa dan kedelai. Dengan melihat potensi kelapa dan kedelai yang begitu besar memberikan ide kreatif untuk menciptakan produk baru yang lebih bernilai ekonomis sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

 Acara seminar ini mendapatkan tanggapan yang positif dari berbagai pihak, salah satunya dari Camat Panggul.

 “kegiatan ini sangat luar biasa dan produk hasil karyanya pun menarik” ujar Orang nomor satu di kecamatan Panggul tersebut.

Komentar atas SEMINAR KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN POTENSI LOKAL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar