KENALI, CEGAH, & TANGANI HEPATITIS A DENGAN CEPAT, TANGGAP DAN TEPAT

Eko Mrg 20 Agustus 2019 14:04:19 WIB

Jumat, 2 Agustus 2019

            Sekitar  pukul 18.15 WIB atau bakda magrib, bertempat di rumah pak Muklas selaku Kepala Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo telah dilaksanakan kegiatan “Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Korban Hepatitis A di Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo” dengan narasumber yaitu ibu Endah Setiani selaku pegawai di Puskesmas Panggul. Acara tersebut di diadakan oleh rekan-rekan mahasiswa KKN Tematik Revolusi Mental IAIN Tulungagung Posko 1. Kegiatan tersebut di hadiri oleh seluruh elemen masyarakat Dusun Bendogolor meliputi ibu-ibu, bapak-bapak, tokoh masyarakat, maupun perangkat desa. Acara ini mendapat dukungan langsung dari pihak Puskesmas Panggul, karena bisa menjembatani dalam mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat.

            Rekan-rekan mahasiswa mengangkat judul yang disitu membawa salah satu nama penyakit yaitu penyakit Hepatitis A. Hal ini dikarenakan bahwa telah diketahui ada beberapa warga yang telah terjangkit penyakit ini. Menurut pihak puskesmas mengatakan bahwa penyakit yang mulai mewabah ini dikarenakan pola hidup masyarakat yang kurang bersih yaitu dengan tidak menjaga kebersihan lingkungan. Hepatitis itu sendiri memiliki arti yakni berasal dari kata hepar dan titis, kata  hepar  yang artinya hati sedangkan titis bermakna pembengkakan. Jadi hepatitis adalah penyakit yang menimbulkan pembengkakan pada hati. Faktor utama dari penyakit ini adalah dikarenakan virus yang berasal dari limbah akhir manusia dalam tubuh.

            Menurut tuturan Endah Setiani ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penderita hepatitis yaitu tubuh yang demam, mual-mual, nafsu makan yang menurun, sakit pada perut bagian kanan atas, kencing berwarna coklat seperti teh, dan yang paling terlihat adalah tubuh yang menguning. Maka dari itu hepatitis biasa juga dikenaldengan penyakit kuning. Endah menambahkan bahwa penyakit ini sebenarnya bukan berasal dari Desa Wonocoyo melainkan berasal dari daerah lain yaitu di daerah Pacitan karena Desa Wonocoyo berdekatan langsung dengan daerah yang terdampak penyakit hepatitis maka virus itupun menyebar ketempat lain.

Tips agar terhindar dari penyakit Hepatitis A:

  1. menjaga kebersihan lingkungan
  2. mencuci tangan sebelum makan dan setiap setelah beraktivitas
  3. mempunyai jamban bersih
  4. mengikuti program kesehatan yang sudah diadakan oleh puskesmas atau pihak terkait lainnya.

Wonocoyo Idaman Hati  (TimRadarIAINTA)

Komentar atas KENALI, CEGAH, & TANGANI HEPATITIS A DENGAN CEPAT, TANGGAP DAN TEPAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar