MUSYAWARAH ANTAR DESA (MAD) PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN

Eko Mrg 19 Oktober 2018 04:58:17 WIB

Pembangunan Kawasan Perdesaan adalah Sebuah Program yang diluncurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  Nomor  5  Tahun  2016 tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Di Kecamatan Panggul, ada 3 (tiga) Desa yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Perdesaan. Yakni, Desa Wonocoyo, Desa Panggul dan Desa Kertosono. Ketiga Desa itu kini telah selesai menggelar Musdes untuk menyepakati program tersebut. Dan Hari  Rabu Tanggal 17 Oktober 2018 digelar Musyawarah Antar Desa (MAD) yang dihadiri oleh Bapak Camat Panggul, Pendamping Kawasan Perdesaan, Kepala Desa dan Sekretaris Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat  dari Desa Wonocoyo, Panggul dan Kertosono.

Menyepakati pembentukan Badan Usaha Milik Desa Bersama, yang bergerak pada Pengoalahan Kelapa yang merupakan potensi lokal dari Kecamatan Panggul.

Dengan Badan Usaha Milik Desa Bersama, yang bergerak pada Pengoalahan Kelapa tersebut diharapkan komiditi kelapa dari Kecamatan Panggul dapat diolah di ketiga Desa tersebut menjadi bahan-bahan setengah jadi maupun bahan jadi yang siap dipasarkan. Bahkan direncanakan seluruh dari bagian kelapa nanti; akan diolah menjadi komiditi yang bernilai ekonomi yang sangat tinggi. Daging kelapa diolah menjai minyak goreng dan VCO (Virgin Coconat Oil) yang merupakan bahan baku dari kosmetik dan obat-obatan. Sabutnya diolah menjadi Serat Sabut (cocofibre) dan Serbuk Sabut (Cococoir). Serat Sabut (Cocofibre) banyak fungsinya; selain menjadi aneka kerajinan home industry juga bisa diekspor menjadi bahan baku jok mobil. Sedangkan Serbuk Sabut (Cococoir) sebagai bahan pupuk organic yang amat bagus. Tempurung kelapa bisa diolah menjadi briket (arang) dan berbagai macam kerajinan berkelas ekspor.

Sebagai tindak lanjut dari MAD Kawasan Perdesaan ini, akan digelar Bimtek Kegiatan Pemberdayaan Sumber Daya Lokal Berbasis Kawasan Perdesaan (PSLBKP) Propinsi Jawa Timur Hari Rabu Tanggal 24 Oktober hingga Hari Jumat Tanggal 26 Oktober bertempat di Hotel Sahid Montana 2 Malang.

Semoga berhasil kawan.

Komentar atas MUSYAWARAH ANTAR DESA (MAD) PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar