Susu Kedelai “Alami”

Eko Mrg 06 Agustus 2018 13:13:32 WIB

Usaha susu kedelai “Alami” bertempat di dusun Wonocoyo Utara RT 03/RW 02. Usaha ini dijalankan oleh Pak Selo bersama istrinya. Susu kedelai yang diproduksi oleh beliau adalah susu kedelai rasa jahe. Produksi harian mencapai 200 botol. Tempat produksi dilakukan di dapur pribadi. Produk dijual dengan cara menitipkan dagangan ke toko-toko dan warung-warung yang memiliki kulkas. Proses produksi dilakukan di pagi hari yaitu pada pukul 07.00. Proses produksi ini bisa memakan waktu 3 jam. Harga per botol susu kedelai adalah Rp2.000.

Ada beberapa masalah yang dihadapi oleh usaha ini. Masalah pertama adalah usaha ini menggunakan botol bekas untuk kemasan susu kedelai karena harganya jauh lebih murah daripada botol PET yang lazim digunakan untuk produk minuman. Umur produk susu kedelai singkat, yaitu sekitar 6 jam di temperatur ruangan. Masalah kedua adalah modal usaha yang terbatas dan keuntungan usaha yang sedikit membuat pelaku usaha tidak dapat mengembangkan usahanya lebih jauh. Masalah ketiga adalah belum adanya label merk di botol kemasan susu kedelai.

Saran kami untuk UMKM adalah penggantian kemasan dari botol bekas menjadi botol PET. Botol PET adalah botol yang higienis dan aman digunakan untuk produk minuman. Penggunaan botol bekas beresiko dari segi higienitas. Selain itu, penggunaan botol PET dapat meningkatkan umur produk susu kedelai dengan pertimbangan botol lebih bersih daripada botol bekas dan belum tercemar. Kedua, pelaku usaha perlu menaikkan harga jual sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Kualitas yang baik akan menambah konsumen susu kedelai dan mempertahankan konsumen lama. Ketiga, pelaku usaha perlu memberikan label botol kemasan susu kedelai. Label berisi merk usaha dagang, komposisi, cara konsumsi, dan informasi lainnya. Keempat, pelaku usaha dapat mempertimbangkan perekrutan karyawan produksi untuk menambah unit produksi di desa Wonocoyo.

Anda berminat? Silahkan hubungi Pak Selo di nomer : 082 231 182 729

Komentar atas Susu Kedelai “Alami”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar