Desa Wonocoyo Layak Dinominasikan Sebagai Desa Terbaik

01 Februari 2017 22:21:24 WIB

Desa Wonocoyo menjadi juara pertama pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Trenggalek dikarenakan memiliki keunggulan di berbagai bidang. Disampaikan oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, pada saat menyambut kunjungan tim penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur di Balai Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, Selasa (9/5).

Diantaranya dalam bidang pemerintahan, Desa Wonocoyo memiliki sejumlah Peraturan Desa yang tidak dimiliki oleh desa lainnya seperti misalnya Perdes Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Konservasi Penyu, Perdes Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Perlindungan Pengendalian dan Pemanfaatan Satwa dan Tumbuhan, maupun Perdes Nomor 4 Tahun 2015 tentang Kebersihan Keindahan Ketertiban dan Kesehatan Lingkungan.

“Selain itu Pemerintah Desa Wonocoyo telah mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk berbagai pelayanan, karena database penduduk sudah terkoneksi dengan aplikasi yang sudah dibangun,” tutur Wabup Arifin.

“Juga di depan Kantor Desa telah dibuat infografik sehingga masyarakat dapat mengontrol dan mengetahui keuangan desa digunakan untuk apa saja. Alhamdulillah, proporsi untuk pembangunan lebih besar jumlahnya dibanding untuk administrasi desa, jadi keberpihakan APBDes untuk masyarakat sudah dijalankan dengan baik,” lanjutnya.

Selain itu, Desa Wonocoyo memiliki BUMDes yang bergerak di sector riil yaitu melalui beberapa bidang usaha seperti penginapan, toko ATK serta fotocopi. “Makanya tadi Pak Heru Tanya,lho, PAD-nya kok banyak? Ya, salah satunya itu, BUMDes-nya sudah jalan di sektor ekonomi produktif,” ucap Nur Arifin.

Begitu pula Karang Taruna di Desa Wonocoyo yang juga telah dimotivasi di bidang ekonomi, diantarannya melalui usaha sablon maupun bidang perikanan dimana komoditi yang dikembangkan diantaranya ikan sidat yang biasa diekspor hingga ke Jepang maupun kawasan Asia Timur lainnya.

Desa Wonocoyo juga membentuk Pokmaswas yang bergerak di bidang konservasi yaitu konservasi penyu di Taman Kili-Kili. “Konservasi penyu ini juga menjadi juara satu Lomba Konservasi Tingkat Provinsi Jawa Timur dan menjadi juara harapan satu tingkat nasional,” ujar wakil bupati termuda itu.

Di samping itu juga telah dibangun tempat Pengelolaan Sampah Terpadu sehingga di tingkat Provinsi Jawa Timur, Desa Wonocoyo menjadi Desa Pratama dalam Lomba Desa Berseri Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Di bidang kemasyarakatan, Desa Wonocoyo di setiap RT mempunyai Poskamling yang representatif. Di setiap rumah juga sudah memiliki jamban artinya termasuk desa yang Open Defecation Free (ODF). Dan pada setiap hari Minggu Kliwon dijadikan sebagai Hari Bakti Desa dimana seluruh warga masyarakat bergotong royong mewujudkan kebersihan lingkungan.

Dikonfirmasi terkait Lomba Desa usai menyambut tim penilai, Wabup Arifin mengatakan sesuai dengan laporan portofolio yang diserahkan, Desa Wonocoyo termasuk dalam empat besar di Jawa Timur dari sepuluh nominator. “Tapi kan laporan portofolio itu harus dibuktikan dengan visit lapangan, nah, harapannya apa yang kita sajikan secara tekstual itu konteks di lapangannya dinilai lebih bagus daripada desa-desa yang lain,” ungkapnya.

“Untuk juara saya pikir, se-Jawa Timur desa-desa yang kompetitif juga besar tapi tidak menutup kemungkinan, ini semua beyond expectation. Saya melihat komitmennya Pemerintah Desa Wonocoyo patut diapresiasi, dan saya juga sudah meminta tim juri untuk benar-benar memperhatikan titik-titik tertentu yang menjadi poin utama kita,” pungkas wabup. (Humas Kabupaten Trenggalek)

Sumber : http://humassetda.trenggalekkab.go.id/berita/mei/775-desa-wonocoyo-layak-dinominasikan-sebagai-desa-terbaik

Komentar atas Desa Wonocoyo Layak Dinominasikan Sebagai Desa Terbaik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar