Rengginang Ibu Katiyem

01 Februari 2017 22:16:37 WIB

Usaha rengginang Ibu Katiyem bertempat di Dusun Karang RT 31/RW 09. Usaha ini merupakan usaha rumahan miliki Ibu Katiyem yang dikelola bersama suami dan anaknya. Produk rumahan yang dihasilkan berupa rengginang mentah yang siap untuk digoreng. Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan rengginang terdiri dari beras ketan, garam, dan gula. Proses pembuatan rengginang dimulai dari merendam beras ketan selama 7 jam. Selanjutnya, beras ketan ditiriskan dan dikukus hingga pulen. Setelah itu, garam yang sebelumnya telah dilarutkan dalam air disiapkan. Setelah beras ketan dicampur dengan garam, adonan tersebut dikukus hingga matang. Garam juga dapat diganti dengan gula merah. Ketan yang sudah matang dapat dibentuk secara manual dan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Lama pengeringan tergantung pada cuaca, jika cuaca panas maka rengginang dapat kering dalam 2 hari.

Pengemasan yang dilakukan oleh Ibu Katiyem hanya menggunakan kantong plastik besar yang memuat kira-kira 25 kg tanpa label. Produksi dilakukan untuk memenuhi pesanan, menyuplai ke toko-toko besar, dan dijual ke Pasar Wage.

Saran kami untuk UMKM ini adalah usaha ini masih dapat dikembangkan dari segi pengemasan dan penggunaan label pada kemasan. Pengemasan dapat dibuat dalam ukuran yang lebih praktis dan ekonomis. Produk yang dijual dapat berupa rengginang yang sudah matang.

Komentar atas Rengginang Ibu Katiyem

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar