Dokumen RPJM Desa Wonocoyo 2013 - 2019

01 Februari 2017 21:49:16 WIB

RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA

4.1. VISI DAN MISI

         Visi adalah  rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Selanjutnya, berdasarkan berbagai kondisi pembangunan yang dihadapi Pemerintah Desa Wonocoyo tahun 2006 s.d. 2012, maka dibutuhkan solusi-solusi strategis untuk mengatasinya selama enam tahun mendatang (tahun 2013 s.d. 2019)

Sebagai dokumen perencanaan penjabaran dari Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, maka seluruh rencana program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Desa secara bertahap dan berkesinambungan harus dapat mengantarkan tercapainya Visi dan Misi Desa. Visi-Misi Desa Wonocoyo disamping merupakan visi-misi Calon Kepala Desa terpilih, juga diintegrasikan dengan keinginan bersama masyarakat desa, di mana proses penyusunannya dilakukan secara partisipatif mulai dari tingkat dusun sampai di tingkat desa. Adapun Visi-Misi Desa Wonocoyo adalah sebagai berikut:

4.1.1. VISI

Berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi Desa Wonocoyo saat ini, dan terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa), maka untuk pembangunan Desa Wonocoyo pada periode 6 (enam) tahun ke depan (tahun 2013 - 2019), disusun visi sebagai berikut :

“Wonocoyo Menuju Desa IDAMAN”

Dengan penjelasan sebagai berikut :

I-INDAH 

WONOCOYO menuju Desa yang Indah. Indah dalam pengelolaan Lingkungan Hidupnya. Keindahan Lingkungan Hidup akan dapat terwujud dengan menumbuh kembangkan kesadaran segenap masyarakatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan, ketertiban dan upaya pelestarian alam.

DA-DAMAI

WONOCOYO menuju Desa yang Damai. Senantiasa ada upaya  -upaya agar tercapai ketercukupan kebutuhan masyarakat secara lahir dan batin (sandang, pangan, papan, agama, pendidikan, kesehatan, rasa aman dan tentram).

MA-MANDIRI

WONOCOYO menuju Desa yang Mandiri. Masyarakat Desa Wonocoyo mampu mewujudkan kehidupan yang sejajar dan sederajat dengan masyarakat desa lain agar menjadi lebih maju dengan mengandalkan pada kemampuan dan kekuatan sendiri dengan memanfaatkan potensi lokal desa.

4.1.2.  MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka misi yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Menyediakan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST)
  2. Gerakan penanaman pohon di tepi-tepi Jalan Protokol, Kawasan Konservasi dan mendorong pemanfaatan lahan kosong.
  3. Merangsang masyarakat untuk membudayakan hidup bersih dan sehat.
  4. Mewujudkan masyarakat wonocoyo yang konservatif terhadap alam sekitar.
  5. Membangun masyarakat wonocoyo yang Agamis.
  6. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang bertumpu pada pengembangan potensi lokal melalui industri kerakyatan dan pariwisata.
  7. Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan fasilitas pelayanan secara transparan.
  8. peningkatan kapasitas sumber daya bagi aparat desa dan lembaga kemasyarakatan desa manusia guna menunjang pelayanan masyarakat.
  9. Mempertahankan dan meningkatkan keberadaan infrastruktur desa dengan mengedepankan partisipatif masyarakat.
  10. Menyiapkan Generasi Muda yang sehat, berkualitas, cinta dengan seni dan budaya lokal
  11. Meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang memadai.
  12. Mengembangkan budaya dan perilaku yang menjunjung tinggi pelestarian alam.
  13. Tewujudnya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang ditandai terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja.
  14. Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah / jalan usaha tani, pemupukan, dan pola tanam yang baik.
  15. Pengembangan sektor pertanian dan perdagangan yang berorientasi pada mekanisme pasar
  16. Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah
  17. Pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya UMKM (Usaha Kecil Menengah dan Mikro) yang berdaya saing tinggi.
  18. Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk pengembangan dan optimalisasi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.
  19. Meningkatkan kemajuan dan kemandirian melalui penyelenggaraan otonomi desa yang bertanggung jawab dan didukung dengan penyelenggaran pemerintahan yang bersih,transparan dan profesional
  20. Mendorong pengembangan dan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa

 

Hakekat Misi Desa Wonocoyo merupakan turunan dari Visi Desa Wonocoyo. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Wonocoyo merupakan penjabaran (break down) yang lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Wonocoyo.

Komentar atas Dokumen RPJM Desa Wonocoyo 2013 - 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar