Menurutnya, pola pikir masyarakat harus diubah, sehingga tidak menganggap sebagai pekerjaan kelas bawah, tidak butuh pendidikan tinggi serta sebagai alternatif pekerjan terakhir disaat kepepet. 

"Padahal tidak seperti itu, semua yang ada di sini pasti membutuhkan jasa petani, kita makan nasi, berasnya dari petani," katanya.

Sementara dalam sarasehan yang digelar di Balai Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, bupati mengapresiasi langkah yang diambil dalam upaya penyelamatan lingkungan dan isinya dengan berbagai macam cara. 

"Saya baru menemukan ini, ada desa yang menggelar talkshow dengan tema lingkungan dan mendatangkan para narasumber yang berkompeten, mulai dari akademisi hingga aktivis lingkungan," ujarnya. 

Pihaknya menilai, Desa Wonocoyo memiliki semangat tinggi untuk menjaga kelestarian lingkungan, sehingga berhasil menyabet predikat desa berseri kategori pratama dari Pemprov Jawa Timur.

Kepala Desa Wonocoyo, Didik Hernunadi yang hadir saat sarasehan menjelaskan ada beberapa langkah yang telah dilakukan pemerintah desa untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan. 

"Di antaranya, penerapan dua peraturan desa terkait larangan melakukan perburuan burung, maupun perusakan tumbuh-tumbuhan," jelasnya. 

Pihaknya juga menggelar lomba kampung berseri di tingkat RW dan RT. Cara ini dilakukan pemerintah desa untuk memberikan edukasi serta pemahaman masyarakat terkait pentingnya melestarikan alam.

"Jadi di Wonocoyo itu tidak boleh mencari ikan dengan stroom atau menembaki burung di alam bebas, karena kalau sampai punah, anak cucu kita mau cari apa," katanya. 

Sedangkan konservasi terbesar yang saat ini telah dilakukan warga Desa Wonocoyo berupa konservasi tukik (anak penyu) di pantai Taman Kili-Kili. Tahun ini jumlah tukik yang berhasil dilepas mencapai 7.000 ekor. 

Usai mengikuti rangkaian acara sarasehan, Bupati Emil Dardak menyempatkan diri meninjau langsung proyek revitalisasi rumah dinas camat. 

"Rencananya rumah dinas itu akan gunakan untuk gedung kesenian, sehingga bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat umum," jelas Emil.

Sedangkan Kecamatan Panggul, lanjut dia, nantinya akan disulap menjadi kota kecil di pesisir selatan Jawa Timur. Saat ini proyek pegunungunan sudah mulai dilakukan dengan menata sejumlah infrastruktur. 

"Kenapa di Panggul, karena Panggul ini nanti akan menjadi penghubung antara Yogyakarta dengan Malang maupun daerah sekitar. 

Artikel Terkini

  • TEMPE KERIPIK YASMIN NISARASA

    13 Agustus 2018 10:46:18 WIB Administrator
    TEMPE KERIPIK YASMIN NISARASA
    Berlokasi di RT. 039 RW. 011 Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, Pak Mukiran dan Bu Puput memulai usahanya sejak setahun yang lalu. Diberinya label Tempe Keripik ‘Yasmin Nisarasa’. Dengan berbekal ilmu dan ketrampilan yang diturunkan dari orang tuanya; Pak Mukiran dan Bu Pu... ..selengkapnya

  • MASTER PLAN WISATA EDUKASI DESA WONOCOYO

    12 Agustus 2018 16:57:44 WIB Administrator
    MASTER PLAN WISATA EDUKASI DESA WONOCOYO
    Rupanya, tekad Desa Wonocoyo untuk menuju Desa Wisata dan Edukasi semakin bulat. Berdasar pada potensi yang ada, Visi Misi Kepala Desa yang dituangkan dalam RPJM Desa, arah kebijakan Pembangunan di Desa pinggir Pesisir Selatan kecamatan panggul itu terus merangsek menuju pada sasarannya; Desa Wisata... ..selengkapnya

  • MULAI 2017 WONOCOYO BEBAS ODF

    12 Agustus 2018 16:40:31 WIB Administrator
    MULAI 2017 WONOCOYO BEBAS ODF
    ODF (Open Defecation Free) telah suskses dilakukan di Desa Wonocoyo sejak Tahun 2017. Hal ini dapat diciptakan karena seluruh masyarakatnya sudah meninggalkan budaya buang air besar sembarangan. Setelah upaya Pembinaan dan penyuluhan yang acap kali dilakukan oleh Pemerintah Desa Wonocoyo bekerja sam... ..selengkapnya

  • UD. TETEP BUTUH

    12 Agustus 2018 16:18:44 WIB Administrator
    UD. TETEP BUTUH
    PRUDUSEN RECYCLING KAYU 1000 MANFAAT Pak Saechoni. Pria yang berdomisili di RT. 014 RW. 005 Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, lebih tepatnya di Jalan. Wilis No. 2 Desa Wonocoyo, sejak 5 (lima) bulan yang lalu berinisiatif membuat kerajinan yang berbahan dasar potongan kayu bekas.... ..selengkapnya

  • LOMBA DESA PROPINSI JAWA TIMUR 2017

    12 Agustus 2018 15:44:25 WIB Administrator
    LOMBA DESA PROPINSI JAWA TIMUR 2017
    Keberhasilan Desa Wonocoyo dalam membina masyarakat dan kelestarian lingkungan patut diacungi jempol, pasalnya usai meraih juara 1 lomba desa gotong royong tingkat Kabupaten Trenggalek, Desa Wonocoyo kini berhak mewakili Trenggalek pada tingkat lomba desa yang lebih tinggi yaitu lomba desa tingkat P... ..selengkapnya

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

testing

testing

Lokasi Wonocoyo

tampilkan dalam peta lebih besar